Header Ads

BAHAN AJAR PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK KELAS XI MINGGU KETIGA SESUAI SILABUS-Konsep Web Server

Selamat siang

Pemrograman web dan perangkat bergerak
Pemrograman web dan perangkat bergerak


Siang hari ini kami akan berbagi materi ajar pemrograman web dan perangkat bergerak kelas XI minggu ketiga dengan tema aplikasi web server. Dengan materi ini diharapkan siswa maupun siswi dapat memahami macam-macam software web server, konsep beserta aplikasinya. Web server adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan dan mempublikasikan website yang telah dibuat. Materi pemrograman web dan perangkat bergerak pertemuan 3 dapat di lihat dibawah ini:

PROSES PEMBELAJARAN

Sebelum memberikan penjelasan materi kepada siswa dan siswi, Guru sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu bahan alat peraga untuk disajikan. Seperti menyiapkan koneksi internet, web server yang sudah di installkan pada komputer berbasis lokal dan berbasis Online. Selanjutnya guru mermemberikan penjelasan materi kepada peserta didik terkait web server sambil mengnalkan tampilan antarmuka aplikasi web server kepada peserta didik.

Dengan melihat aplikasi web server secara langsung peserta didik dapat mengenal, melihat dan mendapatkan pengalaman dengan baik. Gunakanlah gaya komunikasi bahasa alamiah yang menarik, seperti obrolan sehari-hari, tidak terlalu formal namun sopan agar menghilangkan suasana kaku didalam kelas sampai peserta didik menganggap guru sebagai temannya. Biasanya jika sudah seperti itu siswa akan bertanya secara spontan dengan rasa penasarannya.

Jika terlalu formal biasanya siswa segan untuk mengajukan pertanyaan, dan tidak berani untuk berbicara langsung. Padahal dalam pikiran mereka ada beberapa pertanyaan yang ingin di utarakan terkait materi ini.

Usahakan peserta didik harus memahami materi ini, guru harus selalu aktif menanyakan kepada peserta didik apakah materi dapat di pahami atau tidak, jika tidak, peserta didik akan menemukan kesulitan ketika melakukan praktik.  Bila perlu materi dapat dijelaskan berulang secara pelan-pelan, dan mengingatkan peserta didik untuk tetap fokus menyimak materi.

Diakhir pertemuan perintahkan peserta didik untuk menuliskan kesimpulan dengan pemahaman serta gaya Bahasa mereka sendiri di buku masing-masing terkait materi yang sudah guru terangkan oleh guru. Hal ini penting agar kita dapat melihat sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang telah kita sampaikan.

Menurut tanggapan bapak dan ibu guru apakah materi yang kami buat sudah sesuai? Bagaimana pengalman mengajar disekolah bapak dan ibu guru terkait bab aplikasi web service ini. Jika ada pertanyaan, saran atau kekurangan pada materi ini, boleh sampaikan di kolom komentar yah.

Tidak ada komentar