Header Ads

Teori USE CASE KITE LEVEL

Selamat siang, kali ini kami akan menjelaskan Use Case Level Kite. sebelumnya kami telah membahas tentang Use Case Sea Level, dan Fish level. Jika belum mengetahuinya dapat di simak pada halaman berikut: Membuat Use Case diagram, Use Case Sea Level

Ketika sub Use Case pada fish level yang sifatnya extend memiliki method. Maka disebut dengan level Kite, karena sudah mencakup use case yang lebih luas. Seperti Use Case utama memiliki sub Use Case, dan Sub Use Case memiliki Sub Use Case lagi.  Bagi  yang belum memahami fish level, silahkan baca dan pahami terlebih dahulu melalui Sea Level dan Fish Level.

Kite level ada karena ter dapat Use Case Fish Level, perhatikan gambar di bawah ini.

Kite Level
Use Case Kite Level

Use Case Cod, Use Case Bayar pake OVIO, dan Use Case Transfer bank adalah use case fish level turunan dari Use case Membayar Pesanan, ditandai dengan kata extend.

Use Case Cod, Bayar pake OVIO, dan Transfer bank bersifat include. Misalnya jika pelanggan memilih metode pembayar cod, karena pesanan barang di bayar di tempat. Maka pesanan dapat langsung di proses ditandai dengan use case Proses Pesanan.

Jika pelanggan membayar pesanan menggunakan OVIO pelanggan harus memasukan terlebih dahulu nomor OVIO, setelah itu memasukan PIN. Secara otomatis pesanan akan di proses ditandai dengan use case Include “Masukan Pin OVIO”.

Jika pelanggan memilih pembayar dengan metode transfer bank, pelanggan harus upload terlebih dahulu bukti bayar. Setelah itu pesanan dapat diproses.

Penerapan Use Case Level Kite ini adalah pengembangan dari use case fish level. Semakin kompleks kasus yang akan dimodelkan. Maka akan semakin banyak juga proses bisnis yang harus di modelkan kedalam use case. Use Case kite level pada artikel ini hanya contoh kecil agar mudah di pahami.

Jadi tidak menutup kemungkinan akan banyak ekstend dan include yang diterapkan pada lavel Kite karena kompleksitas kasus yang dihadapi. Yang paling penting buatlah use case sesuai dengan kebutuhan.

Jika ada saran dan pertanyaan silahkan utarakan di kolom komentar yah?


Tidak ada komentar