Header Ads

TUTORIAL MEMBUAT USE CASE DIAGRAM MENGGUNAKAN STAR UML BERDASARKAN STUDI KASUS

Selamat siang, hari ini kami akan berbagi tutorial membuat use case diagram menggunakan aplikasi starUML. Jika belum memiliki aplikasinya dapat download disini.  Use case diagram adalah diagram yang digunakan untuk memodelkan interaksi user dengan sistem. klik disini untuk membuat Activity diagram menggunakan StarUML

Apa Itu Use Case ?

Use Case secara umum adalah cetak biru model rangkaian atau uraian kelompok sistem yang saling terkait satu dengan yang lain sebelum di terjemahkan kedalam Bahasa pemrograman. Secara khusus diagram use case adalah jenis diagram yang menjelaskan atau memodelkan actor yang berinterkasi pada sistem yang dimodelkan, selain mewakili pengguna actor juga dapat mewakili atau menggambarkan dari sistem. 

STUDI KASUS

Sebelum kita memperaktikannya, kita simak terlebih dahulu studikasus soal cerita berikut, nantinya akan kita terjemahkan kedalam pemodelan use case diagram.

Perusahaan PT.Siang merupakan perusahaan yang menggeluti dibidang teknologi, suatu Ketika PT.Siang ingin membangun sistem online shop untuk memasarkan produk lebih luas yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan serta agar produknya dapat  lebih dikenal oleh banyak masyarakat. 

Hal utama yang harus dilakukan oleh perusahaan PT.Siang adalah menghubungi pengembang software agar keinginannya tercapai.  Selanjutnya dilakukan wawancara oleh pengembang software kepada PT.siang.  Dari hasil wawancara telah diketahui proses bisnis yang diusulkan di PT.Siang, diantaranya sebagai berikut:

1. Pelanggan memilih barang untuk dibeli

2. Pelanggan memasukan barang yang dipesan kedalam keranjang belanja

3. Setelah itu pelanggan memasukan alamat pribadi untuk proses pengiriman

4. Pelanggan memilih ekspedisi pengriman

5. Pelanggan melakukan pembayaran pesanan.

PRAKTIKUM

Setelah proses bisnis diketahui selanjutnya kita modelkan kedalam use case diagram. Untuk membuat usecase diagram melalui staruml caranya sebagai berikut:

  1. Buka Aplikasi StarUML, setelah itu pada menu bar klik “Model” -> selanjutnya klik “Add diagram” -> selanjutnya klik Use Case diagram.
    Use Case diagram
    Aplikasi Star UML

  2. Secara otomatis usecase diagram akan tampil pada bagian sisi kiri aplikasi
Use Case
Use Case diagram telah aktif
3. Untuk memasukan aktor kedalam frame, klik satu kali simbol actor yang terdapat pada  tool box, lalu klik satu kali pada frame. Frame adalah lembar putih yang bergaris kotak-kotak pada staruml. Yang berguna untuk menyimpan model.

Klik aktor
Klik Model aktor pada tool box

4. 
Secara otomatis model actor akan tampil pada frame. Ubah nama actor sesuai kebutuhan, contoh disini actor diberi nama pelanggan

Aktor pada frame
Aktor pada Frame


 5.Selanjutnya kita masukan Use Case kedalam frame.  Caranya double klik pada actor, lalu pilih “Add Associated Use Case”. Secara otomatis akan tampil use case.

Add Associated Use Case

 

3.       6. Ubah nama Use Case dengan kata kerja yang telah di uraikan pada proses bisnis, sesuai kebutuhan, contoh disini menggunakan kata kerja “Memilih Barang”.

 

Use Case
Menambah Nama Use Cse

4.      7.Untuk menambahkan Use Case, ulangi Langkah nomor 5. Sehingga menjadi model menjadi seperti ini.

 

Mengganti nama Use Case
Proses Bisnis Pelanggan 

Sampai tahap ini proses pembuatan Use Case diagram sudah selesai. Jika ingin dikembangkan Kembali silahkan lakukan eksperimen mandiri untuk meng explore simbol-simbol use case diagram lainnya yang terdapat pada tool box.

 Video Tutorial

  Berikut video tutorial untuk membuat Use Case diagram dengan studi kasus



Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di kolom komentar yah, dan jangan lupa subscribe chanel youtube kami juga yah? 

Tidak ada komentar