Use Case diagram Sea level, Fish Level, dan Kite Level
Selamat siang kali ini kami akan membahas tentang Use Case Fish Level. Level pada use case itu sebenarnya ada 3. Pertama Sea Level, kedua Fish Level, sedangkan yang ketiga adalah Kite Level. Untuk membuat Use Case sebenarnya sudah dibahas pada halaman berikut: Membuat Use Case
Loh kenapa istilah levelnya kok kayak nama kehidupan
dilautan yah? sebenarnya penamaan level pada use case ini bertujuan untuk menggambarkan
tahapan-tahapan pembuatan model sistem, agar mudah dipahami oleh banyak orang. Contoh
Sea level menggambarkan permukaan laut secara umum. Kenyataanya dilautan itu
sendiri yang terlihat hanya perahu nelayan, kapal yang berlalu Lalang, kita
asumsikan kapal dan perahu nelayan itu ada use case nya.
Use Case Sea Level |
Untuk Sea Level relasi actor dengan
use case cukup menggunakan garis Assosiasi. Kita asumsikan bahwa use case “Memilih
barang” dan “Membayar Barang” adalah dua perahu nelayan.
Selanjutnya Fish level, jika diartikan artinya adalah level
ikan. Dilautan ikan selalu hidup berada di bawah air, dan untuk menangkap ikan
tersebut tentu harus kita pancing, perahu nelayan inilah yang berperan untuk
menangkap ikan tersebut. Ketika ikan ditangkap oleh nelayan inilah yang
dimaksud dengan use case fish level.
Perlu di ingat, use
case diagram level fish akan ada karena ada use case level sea . Artinya level fish
adalah sub use case dari salah satu use case yang terdapat pada sea level. Sub
Use Case yang dimaksudkan adalah dapat berupa pewarisan/Exntends atau disebut Inheritance
dan behavior/methode atau bisa kita sebut Polymorfishm.
Lihat contoh berikut.
Gambar 2. Use Case Fish Level |
Dapat dilihat pada gambar dua, ini adalah bentuk dari fish level, setiap use case memiliki sub use case yang bertindak sebagai pewarisan dan methode, kita asumsikan Use case utama adalah Nelayan, dan sub use case sebagai ikannya. Sehingga disebut Fish Level.
Pertama kita bahas terlebih dahulu Use Case Memilih barang. Use
Case memilih barang memiliki dua sub use case yang bersifat “include”, yaitu
Use Case “Hapus barang” dan Use Case “Tambah Barang”, artinya keduanya di
posisikan sebagai methode atau prilaku dari use case memilih barang. Sehingga Ketika
pelanggan memilih barang, pelanggan tersebut dapat menghapus barangnya, atau
menambah kembali barang pesanan.
Ingat Include digunakan untuk use case yang membutuhkan
methode, operasi atau Tindakan yang ingin dilakukan.
Sedangkan Extend digunakan untuk use case yang membutuhkan kelas
turunan, atau pewarisan. Dan use case dengan tipe Extend dapat memiliki include.
Kedua kita bahas Use Case Membayar Pesanan.
Use Case Membayar Pesanan memiliki tiga sub Use Case dengan
nama COD, Bayar Pake OVIO, dan Transfer Bank. Ketiga jenis Use Case ini
memiliki sifat extend karena Ketika pelanggan ingin melakukan pembayaran. Maka
akan dihadapkan dengan tiga pemilihan opsi metode pembayaran. Yang pertama COD,
yang kedua bayar pake OVIO, yang ketiga membayar dengan transfer bank. Ketiga sub
Use Case tersebut menggambarkan dan mewakili kelas turunan dari kelas membayar pesanan, sedangkan Use Case Membayar
Pesanan bertindak sebagai kelas Parent(Kelas Orang Tua) dan kelas turunan pasti
memiliki include (method) tetapi pada fish level hal tersebut belum digambarkan
secara men detil. Nanti akan kita gambarkan pada kite level. Kite level akan kita bahas pada halaman berikutnya.
Video Belajar
Jika ada saran dan pertanyaan silahkan utarakan di kolom
komentar yah?
Post a Comment