Header Ads

Use Case diagram Sea level, Fish Level, dan Kite Level

Selamat siang kali ini kami akan membahas tentang Use Case Fish Level. Level pada use case itu sebenarnya ada 3. Pertama Sea Level, kedua Fish Level, sedangkan yang ketiga adalah Kite Level. Untuk membuat Use Case sebenarnya sudah dibahas pada halaman berikut: Membuat Use Case

Loh kenapa istilah levelnya kok kayak nama kehidupan dilautan yah? sebenarnya penamaan level pada use case ini bertujuan untuk menggambarkan tahapan-tahapan pembuatan model sistem, agar mudah dipahami oleh banyak orang. Contoh Sea level menggambarkan permukaan laut secara umum. Kenyataanya dilautan itu sendiri yang terlihat hanya perahu nelayan, kapal yang berlalu Lalang, kita asumsikan kapal dan perahu nelayan itu ada use case nya. 

Sea Level
Use Case Sea Level


Untuk Sea Level relasi actor dengan use case cukup menggunakan garis Assosiasi. Kita asumsikan bahwa use case “Memilih barang” dan “Membayar Barang” adalah dua perahu nelayan.

Selanjutnya Fish level, jika diartikan artinya adalah level ikan. Dilautan ikan selalu hidup berada di bawah air, dan untuk menangkap ikan tersebut tentu harus kita pancing, perahu nelayan inilah yang berperan untuk menangkap ikan tersebut. Ketika ikan ditangkap oleh nelayan inilah yang dimaksud dengan use case fish level.

 Perlu di ingat, use case diagram level fish akan ada karena ada use case level sea . Artinya level fish adalah sub use case dari salah satu use case yang terdapat pada sea level. Sub Use Case yang dimaksudkan adalah dapat berupa pewarisan/Exntends atau disebut Inheritance dan behavior/methode atau bisa kita sebut Polymorfishm.

Lihat contoh berikut.

Use Case Fish Level
Gambar 2. Use Case Fish Level

Dapat dilihat pada gambar dua, ini adalah bentuk dari fish level, setiap use case memiliki sub use case yang bertindak sebagai pewarisan dan methode, kita asumsikan Use case utama adalah Nelayan, dan sub use case sebagai ikannya.  Sehingga disebut Fish Level.

Pertama kita bahas terlebih dahulu Use Case Memilih barang. Use Case memilih barang memiliki dua sub use case yang bersifat “include”, yaitu Use Case “Hapus barang” dan Use Case “Tambah Barang”, artinya keduanya di posisikan sebagai methode atau prilaku dari use case memilih barang. Sehingga Ketika pelanggan memilih barang, pelanggan tersebut dapat menghapus barangnya, atau menambah kembali barang pesanan.

Ingat Include digunakan untuk use case yang membutuhkan methode, operasi atau Tindakan yang ingin dilakukan.

Sedangkan Extend digunakan untuk use case yang membutuhkan kelas turunan, atau pewarisan. Dan use case dengan tipe Extend dapat memiliki include.

Kedua kita bahas Use Case Membayar Pesanan.

Use Case Membayar Pesanan memiliki tiga sub Use Case dengan nama COD, Bayar Pake OVIO, dan Transfer Bank. Ketiga jenis Use Case ini memiliki sifat extend karena Ketika pelanggan ingin melakukan pembayaran. Maka akan dihadapkan dengan tiga pemilihan opsi metode pembayaran. Yang pertama COD, yang kedua bayar pake OVIO, yang ketiga membayar dengan transfer bank. Ketiga sub Use Case tersebut menggambarkan dan mewakili kelas turunan dari kelas  membayar pesanan, sedangkan Use Case Membayar Pesanan bertindak sebagai kelas Parent(Kelas Orang Tua) dan kelas turunan pasti memiliki include (method) tetapi pada fish level hal tersebut belum digambarkan secara men detil. Nanti akan kita gambarkan pada kite level. Kite level akan kita bahas pada halaman berikutnya.

Video Belajar

Jika ingin lebih jelas, silahkan simak video berikut terkait Level Pada Use Case


Jika ada saran dan pertanyaan silahkan utarakan di kolom komentar yah?

Tidak ada komentar