Header Ads

MEMPERBAIKI FLASHDISK dan FLASHDRIVE 2.0 DAN 3.0 TIDAK TERDETEKSI

 

Disclaimer:

Tutorial ini berisko tinggi, dan membutuhkan ketelitian dan pengetahuan dasar tentang komputer, kesalahan atau ketidak telitian dapat menyebabkan kerusakan permanen pada flashdisk/flashdrive, jangan mencoba menggunakan flashdisk/flashdrive yang tidak rusak. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan hardware/software, atau masuknya virus yang tidak sengaja terdownload yang disebabkan oleh mengikuti tutorial ini. Segala bentuk resiko kerusakan ditanggung pembaca, jika anda menyetujui silahkan lanjutkan membaca, jika tidak setuju silahkan tutup halaman ini”.

PENYEBAB KERUSAKAN PADA FLASHDRIVE

Selamat siang,  hari ini kami ingin berbagi tips untuk memperbaiki media penyimpanan data Flashdrive/Flashdisk yang rusak berat seperti, read only/data tidak dapat ditambahkan atau dihapus, no media inserted, tidak tampil di windows explorer, tiba-tiba flashdisk meminta format, atau tidak dapat diformat. Penyebab flashdisk/flashdirive rusak biasanya dikarenakan kesalahan pada penanganan, seperti mencabut flashdisk secara paksa tanpa prosedur yang benar. Sehingga proses write dan read( membaca dan menulis data) tidak terselesaikan.

penyebab lain adalah data yang disimpan pada memory flashdisk terlalu banyak sehingga menyisakan sedikit ruang kosong, setidaknya sisakan ruang kosong sebesar 10% dari kapasitas flashdisk/flashdrive itu sendiri. Contohnya jika kapasitas flasdisk/flashdrve 8GB, sisakan ruang 500MB-1GB. Intinya jangan menyimpan data pada flashdisk sampai menghabiskan kapasitas ruang penyimpanan flashdisk/flashdrive tersebut.

Selain penyebab-penyebab diatas yang telah dijabarkan. Flashdrive/flashdisk rusak bisa jadi karena cacat produksi(hal ini biasanya dapat di garansikan tegantung dari pihak penjual), atau mendapatkan flashdisk/flashdrive palsu atau fake.

APANYA YANG RUSAK?

Sebelum kita mengatahui bagian apanya yang rusak, kita harus tahu terlebih dahulu komponen yang ada  pada flashdisk. Diantaranya:

1.       Konektor

2.       Board

3.       Osilator Kristal

4.       Kontroller

5.       Flash Memory

Untuk jenis kerusakan yang telah dijabarkan diatas, biasanya kerusakan terdapat pada firmware  kontroller, bagian ini berfungsi untuk memproses perintah write dan read pada memory flashdisk/flashdrive. Untuk memperbaikinya kita harus melakukan flashing. Proses flashing dapat dibaca dibagian proses flashing Flashdrive.

PROSES FLASHING FLASHDRIVE/FLASHDISK

Ketika flashdrive/flashdrive sudah rusak berat, sampai tidak dapat diperbaiki dengan cara diformat Untuk solusi dari permasalahan-permasalahan tersebut selain kita dapat menggaransikannya kita juga dapat memperbaikinya sendiri. Caranya sebagai berikut:

  • Download terlebih dahulu aplikasi chip genius, untuk membaca dan mengetahui serial number PID dan VID yang berfungsi untuk mencari software flashing sesuai tipe flashdisk. Download sofware pada link berikut : https://chipgenius.en.lo4d.com/windows
    1. Setelah selesai di download masukan flashdrive ke port usb, dan buka aplikasi chip genius

    memperbaiki flashdisk semua merk


    Klik nama flashdisk yang tertera pada aplikasi. Contoh pada gambar, kami menggunakan flashdisk “Kingston 16GB USB 3.0”, yang tercatat sebagai drive G: Klik bagian tersebut, sehingga tampil spesifikasi lebih terperinci. Setelah itu catat nomor VID dan PID, controller vendor, controller part-number. Pada gambar diatas VID dari flashdrive kingston kami adalah VID=13FE PID= 5500, Controller vendor: PISON, Controller Part-number PS2251-07(PS2307). Setiap merk atau perangkat flashdisk/flashdrive tidak memiliki VID dan PID yang sama.

    1.  Setelah diketahui nomor VID dan PID. Buka website https://flashboot.ru/iflash/

    Karena website tersebut berbahasa rusia, gunakan fitur translate pada google chrome agar website dapat diterjemahkan kedalam Bahasa inggris atau Bahasa Indonesia. Pada website flashboot pilih tab IFLASH.

    website iflash
    website iflash


    1. Masukan nomor vid pada kolom vid, dan nomor PID pada kolom PID lalu klik tombol “Search”. Cari merk flashdisk dengan spesifikasi yang sama dengan flashdisk kita dalam kasus ini Flashdrive yang digunakan adalah Kinston 16GB , VID=13FE PID= 5500, Controller vendor: PISON, Controller Part-number PS2251-07(PS2307).

     

    iflash.ru
    Website iflash memilih firmware yang dibutuhkan

    1. Jika sudah ditemukan, klik nama flashdisk yang sesuai dengan spesifikasi flashdisk kita. Maka akan tampil spek lebih terperinci seperti gambar dibawah. Catat nomor Controller. Pada contoh kasus ini nomor controller flashdisk adalah PS2251-07.

     

     

    1. Selanjutnya klik tab “Files”, lalu masukan nomor controller, lihat urutan nomor 2 pada gambar, seacara otomatis akan tampil software flash yang sesuai dengan flashdisk kita, lihat urutan nomor 3 pada gambar. Selanjutnya klik nama software tersebut untuk mendownloadnya.

    1. Klik link download, pada bagian yang diberikan panah.


      

    1. Setelah selesai mendownload aplikasi tools flash. Buka aplikasi tersebut dengan cara doubklik yang diberitanda panah. Jika meminta password masukan password:  123


    1. Jika aplikasi sudah terbuka, pilih opsi 1 “By Driver” jika Flashdisk kita USB 3.0 dan dicolokan pada port USB 3.0, biasanya port USB 3.0 berwarna biru. Jika flashdisk kita 2.0 dan dicolokan pada pada port USB 2.0, pilih opsi nomor 2 “by 4-port hub”. Otomatis aplikasi akan mendeteksi flashdisk. 



    1. Jika flashdisk terdeteksi seperti pada opsi 1 pada gambar dibawah,selanjutnya klik tombol start, lihat opsi 2 pada gambar. Maka proses flashing akan berjalan. Proses flashing membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit sampai 1 jam atau lebih.


     

     


     

    1. Jika flashing gagal warna pada kolom G akan berubah menjadi merah



    1.  jika flashing gagal pada flashdisk kamu bisa jadi software  flash tidak cocok dengan flashdisk kamu, coba ulangi tahap 4 lalu cari tools software flash lain yang sesuai dengan spesifikasi flashdisk kita. Contoh kami mencari tools lain. Yang diberi tanda kuning



    1. Masuk kembali tab files, lalu ketikan kode 2307 sesuai dengan kode chip mikro controler yang ingin dicari software flash nya, maka akan tampil tools flashing berdasarkan kode 2307. Download, dan jalankan. Jika diperlukan password, masukan angka: 123

     

    1. Jika flashdisk/flashdrive sudah terdeteksi klik tombol start Start. Tunggu sampai selesai.





    1. jika berhasil akan ada pesan flashing berhasil, dan flashdisk dapat berfungsi dengan normal. Jika tidak berhasil, coba ulangi dan cari software flash yang tepat untuk flashdrive/flashdisk kamu. Jika semua usaha sudah dikerahkan dan tetap berhasil. Mungkin kamu perlu membeli Flashdisk/Flasdrive baru.

    Catatan: Proses flashing pada tutorial ini sudah kami praktekan dan berhasil. Mungkin proses flashing ini dapat diterapkan untuk memory microSD, tetapi kami belum mencobanya. Jika kamu punya tips dan trik lain atau pertanyaan silahkan utarakan di kolom komentar.














    2 komentar: