Header Ads

Tips memilih Komputer dan laptop untuk kuliah


Selamat siang. Membeli komputer untuk keperluan kuliah adalah keputusan yang penting untuk dipertimbangkan. jangan sampai ketika kamu sudah membeli komputer, ternyata komputer yang kamu beli tidak sesuai dengan kebutuhan kuliah mu. Berikut adalah beberapa tips untuk membeli komputer yang sesuai dengan kebutuhan kuliah kamu


Tentukan kebutuhan software paling banyak digunakan pada saat mengerjakan tugas kuliah

Pertimbangkan jenis tugas atau pekerjaan yang akan kamu lakukan dengan komputer, lihat jenis software apa yang akan digunakan, dan cari tahu batas minimal spesifikasi komputer untuk menjalankan software tersebut. Apakah Anda akan menggunakan aplikasi khusus atau melakukan tugas yang membutuhkan daya komputasi tinggi? Atau apakah Anda hanya membutuhkan komputer untuk tugas-tugas biasa seperti penulisan, presentasi, dan browsing internet?

contoh disini jika tugas kuliah kita lebih banyak menggunakan software seperti autocad, adobe premiere photoshop, android studio, programing, bermain game, atau sejenisnya yang membutuhkan komputasi yang besar, pada umunya spesifikasi komputer yang di butuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

Operating System: Windows 10, Windows 11, MacOs dari produk apple

Processor quad core produk Intel atau AMD atau lebih tinggi: 2.5-2.9 GHz prosesor

RAM: 8GB atau lebih tinggi

VGA card Diskrit 2GB atau lebih tinggi

Disk Space penyimpanan: 1TB atau lebih tinggi

berdasarkan hasil riset kami uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan komputer dengan spesifikasi diatas adalah sekitar 5-20jt rupiah, merk dan kondisi juga mempengaruhi harga.

Tetapi jika tugas yang dikerjakan hanya menggunakan aplikasi standar seperti microsoft office, spss, dan sejenisnya. Maka spesifikasi komputer minimal yang dapat dipilih sebagai berikut:

Prosesor Dual core 1.6 GHz baik produk intel atau AMD  2.0 GHz atau lebih kencang.

4 GB RAM (64-bit)

256GB free disk space

Windows 10, Windows 11, MacOS

berdasarkan hasil riset kami uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan komputer dengan spesifikasi diatas adalah sekitar 2-5jt rupiah, merk dan kondisi juga mempengaruhi harga.

jika pilihan mu tepat, lumayan bukan dapat menghemat anggaran sampai 50%

Perhatikan spesifikasi teknis

Prosesor

Pilihlah prosesor dengan kecepatan yang sesuai dengan kebutuhan mu. Prosesor Intel Core i5 atau i7 atau AMD Ryzen 5 atau 7 biasanya sudah cukup baik untuk keperluan umum.

RAM

Pastikan komputer memiliki RAM yang cukup. Untuk penggunaan umum, 8GB RAM adalah standar minimal, tetapi jika Anda akan menggunakan aplikasi berat, 16GB atau lebih direkomendasikan.

Penyimpanan

Pilihlah komputer dengan SSD (Solid State Drive) yang lebih cepat daripada HDD (Hard Disk Drive). Kapasitas penyimpanan yang cukup besar akan memungkinkan Anda menyimpan banyak file dan program.

Kartu grafis

Jika kamu akan menggunakan aplikasi yang membutuhkan grafis tinggi, pastikan komputer memiliki kartu grafis yang memadai.

Pertimbangkan portabilitas

Jika kamu sering bepergian atau ingin membawa komputer ke kampus, pertimbangkan ukuran dan beratnya. Laptop yang ringan dan tipis mungkin lebih nyaman untuk dibawa, karena biasanya pada saat kuliah lebih banyak mengerjakan tugas kelompok, serta ada bimbingan tugas akhir dan skripsi dengan dosen.

Baterai yang tahan lama

Pastikan laptop memiliki daya tahan baterai yang cukup lama, sehingga kamu tidak perlu terus mencari colokan listrik saat berada di kampus atau perpustakaan.

Baca ulasan dan perbandingan

Sebelum membeli, baca ulasan pengguna dan perbandingan produk untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas tentang performa, kualitas, dan keandalan komputer yang kamu pertimbangkan.

Garansi dan dukungan

Pastikan komputer dilengkapi dengan garansi yang memadai dan memiliki dukungan purna jual yang baik, termasuk layanan perbaikan atau penggantian jika terjadi masalah. meskipun membelip komputer atau laptop bekas, biasanya terdapat garansi toko.

Anggaran

Tetapkan anggaran yang sesuai dan cari komputer yang memberikan nilai terbaik sesuai dengan anggaran tersebut. Pertimbangkan untuk membeli komputer bekas atau menggunakan program diskon untuk mahasiswa jika anggaran kamu terbatas.

Konsultasikan dengan orang yang berpengalaman

Jika kamu masih bingung atau tidak yakin, mintalah saran dari teman, dosen, atau orang yang berpengalaman dalam bidang teknologi untuk membantu kamu memilih komputer yang tepat, seperti bergabung ke group FB, wa, telegram yang membahas mengenai komputer.

Dengan mempertimbangkan tips di atas, kamu dapat membeli komputer atau laptop yang sesuai dengan kebutuhan kuliah mu dan mendukung produktivitas dan ke

Tidak ada komentar