Header Ads

Bahan ajar Pemrograman web dan perangkat bergerak minggu ke 5-Menerapkan format teks pada halaman web

 

Sumber koleksi pribadi
HTML

Selamat siang semuanya, hari ini kami akan berbagi bahan ajar mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak dengan tema ajar menerapakan format teks pada halaman web, serta Membuat kode html untuk menampilkan  teks dalam format tertentu pada halaman web. Untuk bahan ajar dapat di lihat pada link berikut: Bahan ajar pemrograman web mingguke 5

Bahan ajar ini mengajarkan peserta didik untuk megenal tentang dasar Bahasa pemrograman web. Bahasa pemrograman web terbagi kedalam dua jenis, pertama client side scripting dan yang kedua server side scripting. Untuk bab ini peserta didik akan mempelajari terlebih dahulu materi client side dengan Bahasa HTML.

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language(HTML). Bahasa pemrograman internet client side yang berguna untuk membuat halaman website yang isinya dapat berupa gambar, suara, teks, tabel, dan grafik.  HTML biasanya dipadukan dengan Bahasa client side lain seperti CSS, Java script, Jquery, dan dapat juga dipadukan dengan Bahasa server side seperti PHP kepanjangan dari PHP Hypertext Prepocessor.

Proses pembelajaran

Guru menerangkan terlebih dahulu kepada peserta didik tentang client side scripting dan kategori Bahasa pemrograman apa saja yang masuk kedalam Bahasa pemrograman client side scripting. Setelah peserta didik mengerti tentang materi tersebut, guru memberikan contoh program serta tampilan dari Bahasa html agar peserta didik memiliki gambaran secara langsung.

Jangan lupa terangkan juga bahan-bahan yang digunakan untuk memulai Bahasa pemrograman html, misalnya aplikasi tek editor, web authoring dan web browser. Untuk teks editor versi smartphone dapat dibaca pada artikel berikut cara praktikum web di rumah tanpa komputer. Prosedur yang harus dilakukan seorang guru sebelum memerintahkan peserta didik praktik Bahasa HTML sebagai berikut:

1. Menerangkan aplikasi apa yang harus pertama dibuka kepada peserta didik. Seperti aplikasi teks editor yang harus dibuka pertama kali, selanjutanya buka aplikasi web browser.

2. Menerangkan cara mengetikan script HTML pada aplikasi teks editor kepada peserta didik.

3. Menerangkan cara menyimpan dan penamaan file html di direktori folder.

4. Menerangkan cara menjalankan script html pada web browser.

5. Menerangkan untuk membuka file html pada web browser tidak perlu ada koneksi internet.

Setelah peserta didik mengerti point 1 sampai 4, peserta didik mencoba memperaktikkanya pada perangkat komputer masing-masing. Peserta didik diwajibkan hafal prosedur tersebut dengan baik dan cermat.

Proses pembelajaran berikutnya guru hanya menerangkan berbagaimacam tag html untuk format teks, memberikan contohnya, dan dipraktikan oleh peserta didik. Sebagai Latihan, berikan peserta didik beberapa contoh format teks untuk dibuat menggunakan Bahasa html. Jangan memberikan Latihan hanya satu dua kali saja, berikan Latihan dari mulai yang termudah, sampai yang tersulit agar melatih daya pikir, inisiatif dan kreatif peserta didik.

Guru mengawasi peserta didik ketika pelaksanaan praktik, membantu peserta didik yang kesulitan dan memberikan penilaian secara objektif, berikan beberapa komentar motivasi pada saat melakukan praktikum kepada peserta didik agar peserta didik lebih bersemangat ketika praktikum.

Berikan tugas untuk dikerjakan dirumah, karena jika praktik disekolah saja peserta didik biasanya akan cepat lupa, itu juga menjadi permasalahan utama, karena peserta didik masih menganggap bahwa ini adalah pelajaran sekolah seperti matematika, Bahasa Indonesia, pkn, sejarah, dll. belum paham jika mata pelajaran produktif ini adalah pelajaran yang berbeda dengan mata pelajaran tersebut, dimana peserta didik harus paham dan mampu mengimplementasikannya sebagai kemampuan soft skill.

Jika peserta didik tidak memiliki komputer dirumah. Maka dapat memanfaatkan smartphone, untuk tutorialnya dapat di bca pada artikel berikut cara praktikum pemrograman web dirumah tanpakompuer.

Jika bapak dan ibu guru memiliki metode lain dalam memulai praktikum bahasa pemrograman HTML Silahkan berbagi di kolom komentar, dan berikan saran untuk kami agar  dapat mensempurnakan artikel ini

Tidak ada komentar