Header Ads

Begini CARA Praktikum Pemrograman Web di rumah Tanpa Komputer dimasa pandemi

Selamat siang, kali ini kami akan berbagi bagaimana cara mengajar Mata Pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak dari rumah. Cara ini sangat tepat di implementasikan saat ini, karena wabah virus covid-19 mengharuskan peserta didik untuk tetap belajar dirumah. Mungkin beberapa guru dan peserta didik akan kesulitan untuk melaksanakan pembelajaran yang mengharuskan melakukan praktik, karena beberapa peserta didik tidak memiliki komputer.

Tetapi jika wabah covid-19 sudah berakhir, cara ini dapat dimanfaatkan untuk peserta didik yang tidak memiliki fasilitas komputer untuk belajar dirumah dengan mengulangi pelajaran yang sudah dipraktikan di sekolah. Mari kita langsung bahas saja, caranya adalah sebagai berikut:

 Untuk melaksanakan praktikum mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak dirumah peserta didik dapat memanfaatkan Handphone atau smartphone android.

2.       Instruksikan Peserta didik untuk menginstalkan Aplikasi TrebEdit di Playstore,

aplikasi trebEdit
Tampilan utama Aplikasi Trebedit


Trebedit adalah aplikasi text editor versi android yang digunakan untuk mengetik dan menjalankan  script HTML tanpa Komputer. Jadi peserta yang tidak memiliki Komputer dapat melaksanakan praktik melalui smartphone. Selain itu ukuran file nya pun tidak terlalu besar.

Penggunaannya pun mudah dimengerti, namun kekurangan dari aplikasi ini adalah belum bisa membaca file PHP. Meskipun seperti itu, setidaknya peserta didik dapat membuat halaman html dirumah memalui handphoe atau smarphone Android.

4.       Spesifikasi minimal yang di rekomendasikan untuk menjalankan aplikasi ini adalah Android Versi 5(Lolipop).

Tetapi bagi yang menggunakan android versi kitkat (Android versi 4) dengan ram 1GB  dapat menggunakan aplikasi yang serupa dengan pengembang yang berbeda contohnya menggunakan aplikasi :

 1.       HTML editor atau

2.       Offline HTML Editor

 kedua aplikasi tersebut dapat di download melalui playsote secara gratis.

Proses Pemebelajaran daring

Sebelum melakukan praktikum, Guru mengintruksikan terlebih dahulu peserta didik untuk  Melakukan install TrebEdit di playstore. Sebagai bukti telah menginstallkan aplikasinya, peserta didik diminta untuk mengirimkan video proses peninstallasn, atau foto pada saat melaksanakan installasi.

Guru menjelaskan fitur-fitur aplikasi TrebEdit, cara mengetikan script HTML, membuat halaman web  dan menjalakan TrebEdit kepada peserta didik melalui rekam layar dan mengirimkan ke group peserta didik  yang bersangkutan.

Guru merekam layar menjelaskan cara-cara menggunakan aplikasi TrebEdit mulai dari cara mengetik, membuat halaman web, dan menampilkan “hallo word” dengan script HTML melalui text editor TrebEdit. Lalu mengirimkan video rekaman tersebut kepada peserta didik

Peserta didik menyimak penjelasan melalui rekaman layar tersebut yang beirsi memprekatikan apa yang dilakukan oleh guru pada rekaman video. Sebagai bukti peserta didik telah melakukan praktik, peserta didik dapat mengrimikan video rekaman layar, ata Screen Shoot layar, dan mengirimkannya di WA Group.

Proses tersebut dapat dijadikan sebagai nilai kompetensi untuk nilai keterampilan bagaimana kecapakan peserta didik dalam mempraktikan Bahasa-bahasa html melalui aplikasi trebEdit, dan masuk kedalam materi pembahasan  dengan tema ajar installlasi aplikasi tekseditor atau web authoring, tetapi bedanya aplikasi teks editor yang di instalkan adalah versi Android, bukan versi windows.

Menurut kami praktikum dengan cara ini lebih efisien ketimbang harus menggunakan laptop atau computer deskop karena selain efisien, peserta didik dapat mempraktikannya dengan cepat. Dan tentunya menghemat biaya listrik di rumah.

Bagaimana menurut bapak dan ibu guru? Jika bapak dan ibu guru memiliki saran, trik dan cara lain  untuk praktik pemrograman web dan perangkat bergerak di rumah boleh di share di kolom komentar. 

Tidak ada komentar