Header Ads

BAHAN AJAR PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK KELAS XI MINGGU KE EMPAT SESUAI SILABUS-2 WEB AUTHORING

  

Selamat Siang

siang.id
Web Authoring

Siang hari ini kami akan berbagi bahan ajar Pemrograman web dan perangkat bergerak minggu ke empat bagian dua, untuk bahan ajar minggu ke empat bagian pertama dapat di lihat disini macam-macam aplikasi web server . Dengan tema ajar Web Authoring. Sesuai dengan materi pokok yang terdapat pada silabus yaitu  Macam-macam editor teks dan Tool pengembang web. Tentunya setelah peserta didik memahami mengenai teknologi dan macam-macam web server, peserta didik  dikenalkan dengan berbagai macam web Authoring yang sifatnya free dan berbayar. Untuk materi silahkan dapat dilihat di bawah ini :

 

PROSES PEMBELAJARAN

Sebelum menjelaskan materi ini, guru menyiapkan master installer Web Authoring yang berbayar dan gratis pada computer peserta didik yang digunakan untuk praktikum. Setelah itu Guru menjelaskan terlebih dahulu materi tentang Perangkat Lunak Web Authoring kepada peserta didik sambil mempresentasikan dan mendemostrasikan Perangkat Lunak web authoring yang sudah di install di computer milik guru. Pastikan peserta didik menyimak materi yang dijelaskan dengan baik.

Suruh peserta didik untuk mencatat point-point penting yang disampaikan oleh guru. Dan berikan pertanyaan yang dapat merangsang rasa ingin tahu, seperti “Apa perbedaan Text editor MS Word dan Sublime?”.  Berikan kesempatan bertanya untuk siswa jika ada yang ingin ditanyakan.

Untuk mengasah daya Analisa, suruh peserta didik untuk membandingkan antara web authoring berbayar dengan web authoring gratis, dari segi tampilan, fitur, dan kinerja.

Tujuan penyampaian materi web authoring ini kepada peserta didik adalah agar peserta didik mengetahui  perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pengembangan website, dapat memencari dan melakukan installasi secara mandiri.

Sekilas mengenai Perangkat Lunak  web Authoring. Perangkat Lunak ini berfungsi untuk mengetikan Sintak pemrograman Internet dan menyimpannya sesuai dengan type ekstensi halaman web secara otomatis , sama halnya seperti text editor lainnya seperti Microsoft word, notepad, Libre Office, tetapi bedanya perangkat lunak web authoring disesuaikan dengan tampilan pengembangan web, Setiap baris pada area pengetika memiliki nomor line yang berfungsi untuk mempermudah programmer dalam mengidentifikasi kesalahan pada sintaks. Dan ditambahkan fitur-fitur lain untuk pengembangan website.

Perangkat Lunak Web Authoring dapat didapatkan secara gratis dan berbayar, biasanya jika berbayar pengguna harus mengeluarkan biaya untuk membeli lisensi, tetapi memiliki fitur yang sangat lengkap seperti dapat langsung melihat tampilan web saat mengetik sintaks halaman web, fitur desain lebih flexible. atau disebut dengan   “WYSIWYG”. (What You See Is What You Get). Aplikasi ini menghasilkan tampilan halaman web yang sama dengan tampilan saat programmer mengetikan sintaks nya.

Notepad ++

Notepad ++ termasuk kedalam Web Authoring free lisensi atau gratis


Sedangkan Web Authoring yang sifatnya gratis pengguna gak usah membayar lisensi ke pengembang, dan dapat di download digunakan secara bebas. Bahkan ada beberapa perangkat lunak web authoring gratis yang sifatnya open source, artinya perangkat lunak tersebut dapat dikembangkan secara mandiri. Tetapi kekurangannya perangkat lunak ini tidak memiliki fitur  “WYSIWYG”. (What You See Is What You Get) seperti perangkat Lunak Web Authoring berbayar.


Untuk lebih lengkap dapat mengunduh materi pada bahan ajar ini didalamnya sudah disertakan teori serta link download aplikasi perangkat lunak web author open source atau yang bersifat gratis.

Menurut kalian, lebih cocok menggunakan web Authoring dariplatform pengembang yang mana? yang berbayar atau gratis? silahkan utarakan dikolom komentar yah. Jika materi yang telah kami buat masih ada perbaikan silahkan bapak/ibu guru dapat memberikan saran dikolom komentar untuk pengembangan bahan ajar ini.


Tidak ada komentar