Header Ads

MEMBANGUN SISTEM UJIAN ONLINE MENGGUNAKAN AKUN BELAJAR.ID

Selamat siang, hari ini kami akan memberikan tutorial bagaimana caranya membangun sistem ujian online dengan memanfaatkan akun belajar.id. untuk teman-teman yang belum mengetahui apa itu  akun belajar.id kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu akun belajar.id. Akun belajar.id merupakan sebuah akun e-mail yang diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. Dengan Akun belajar.id, kita bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh. 

Google class room


sebenarnya akun belajar.id sama dengan akun gmail pada umumnya, tetapi yang membedakan adalah, pada segi fitur. belajar.id memiliki fitur premium yang tidak ada pada akun gmail pada umumnya. beberapa akun premium tersebut diantaranya:

Penyimpanan pada google drive dengan kapasitas unlimited, Tambahan Fitur premium google class room meliputi: memiliki link google meet secara otomatis pada kelas, dapat melakukan invite lebih dari 20 orang guru dan 1000 siswa pada kelas, terdapat fitur import Nilai dari tugas quis google form langsung di halaman tugas kelas, erdapat fitur Mode kunci untuk ujian yang menggunakan perangkat chromebook, terdapat fitur cek plagiat untuk tugas essay yang diberikan pada tugas kela, dan terdapat fitur mengundang wali murid.

Membangun sistem Ujian dengan Google Class Room

Untuk membangun sistem ujian online menggunakan akun belajar.id, langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Pertama, buat akun belajar.id sebagai pengajar jika belum memiliki akun tersebut, untuk membuat akun belajar id dapat mengunjungi website kemdikbud ristek kemdikbudristek belajar id.

2. Buat kelas di akun belajar.id dengan mengunjungi google classroom, silahkan klik link berikut untuk membuat akun google class room Google class room, buat class sesuai dengan tingkat dan jurusan siswa dan tambahkan siswa ke dalam kelas tersebut sesuai dengan tingkat dan jurusannya. Setiap siswa akan memiliki akun belajar.id masing-masing atau dapat menggunakan akun gmail biasa.

3.Buka aplikasi google drive untuk menampung soal-soal dari setiap guru, klik link berikut untuk masuk kedalam Google Drive

Google drive

4. setting google drive menjadi public agar guru dapat membuat soal langsung didalam google drive tersebut. setelah itu setting siapa saja yang memiliki link menjadi "editor".

Buat ujian baru di dalam google dengan cara klik "baru", lalu pilih google formulir, lalu pilih formulir kosong. secara otomatis akan tampil google formulir untuk memasukan soal.



membuat soal dengan google form

4. Pastikan jenis soal yang dibuat sesuai dengan jenis soal yang telah ditentukan sebelumnya. jangan lupa berikan bobot nilai tiap jenis soal, dan token soal.

soal gform


5. Setelah soal selesai dibuat, terapkan sistem keamanan untuk meminimalisir kecurangan, seperti pembatasan waktu pengerjaan pada class room.

6. Atur jadwal melalui fitur jadwalkan pada class room, atur sesuai dengan jadwal ujian yang sudah ditentukan pada sekolah. dan masukan link soal tiap mapel sesuai jadwal dan informasi kelas. soal akan otomatis muncul sesuai dengan jadwal yang sudah di setting. 

  ingat token diberikan oleh pengawas ketika soal sudah muncul pada class room agar siswa dan siswi tidak dapat mengerjakan soal di luar ruangan atau di rumah.

setting soal


7. Intruksikan agar siswa dan siswi bersiap login kedalam kelas room ujian. jika link soal sudah muncul, siswa dapat melalukan klik soal dan mulai mengerjakan soal dengan memasukajn token terlebih dahulu yang diberikan oleh pengawas. Setelah ujian selesai, nilai siswa akan dihitung secara otomatis dan dapat dilihat oleh pengajar di akun belajar.id. Nilai ujian juga dapat disimpan dan diunduh dalam bentuk file Excel.

Dengan menggunakan akun belajar.id, pengajar dapat dengan mudah membuat dan mengelola ujian online, serta mengamati perkembangan belajar siswa dalam kelas yang telah dibuat. Baik teman-teman semoga tutorial ini bermanfaat, sistem ini sudah pernah di ujicoba di sekolah. kendala dan lain hal akan sedikit berbeda dengan kondisi sekolah yang satu dengan yang lainnya. jika ada yang tidak mengerti silahkan berkomentar yah!


Tidak ada komentar