Header Ads

BAHAN AJAR PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK KELAS XI MINGGU KE EMPAT-4 Installasi Web Server

Selamat siang

Web Server
web Server apache termasuk kedalam web server free atau gratis

Hari ini kami akan berbagi bahan ajar pemrograman web dan perangkat bergerak kelas XI minggu ke empat bagian empat.  Materi yang kami bagikan masih berkaitan dengan Prosedur Installasi Perangkat Lunak paket web server bahan ajar minggu ke empat bagian tiga. Bahan ajar ini mengacu pada silabus point 4.1.8 Menginstallasi paket aplikasi web server pada computer lokal. Untuk bahan ajar silahkan dapat di akses melalui link berikut: Bahan Ajar Installasi Web Server

APA ITU WEB SERVER ?

Web server adalah perangkat lunak prosesor script, dibuat untuk mengkonversi script code bahasa pemrograman PHP menjadi intruksi atau perintah yang dapat diterjemahkan oleh komputer sehingga menjadi media informasi atau sistem infromasi yang mudah diakses oleh pengguna, media informasi dapat berupa page pada web atau halaman-halaman dinamis website, tanpa web server script PHP tidak akan bekerja. Untuk mengetahui macam-macam web Server dapat mengunjungi link berikut: Macam-macam Web Server

Contoh Script php
Contoh Script PHP(Php Hypertext Prosesor) pada halaman login web

login script PHP setelah di proses oleh web server menjadi halaman login yang dapat diakses oleh pengguna 

Fungsi Web Server ?

Web Server berfungsi untuk menyimpan halaman web dengan Bahasa pemrograman PHP, dan bekerja untuk menerjemahkan Bahasa pemrograman PHP tersebut menjadi informasi yang dapat dibaca dan akses oleh pengguna, seperti halnya facebook, twitter, siang.id, tanpa web server website-website tersebut tidak akan bekerja.

webserver berjalan secara independent atau mandiri sehingga halaman website harus disimpan pada folder husus yang disediakan oleh web server. Jika tidak, website tidak akan terbaca oleh apache, dan tidak dapat ditampilkan pada web browser.

Folder web Server
Folder yang dibuat web Server untuk menyimpan Website


Jika pada Aplikasi XAMPP, folder husus tersbut bernama htdocs, pada folder inilah website harus di simpan, jika web server di installkan pada Komputer lokal atau Komputer tanpa jaringan internet.

Web server sangat penting dalam pemrograman website, tanpa web server website tidak akan beroperasi, kecuali website tersebut menggunakan Bahasa pemrograman internet front end, seperti html, css, java script, karena script tersebut hanya butuh web browser saja untuk mengoperasikannya.

Proses Pembelajaran 

Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan, mengerti dan memahami terlebih dahulu materi tentang Web Server, karena pada pemrograman web dan perangkat bergerak Aplikasi web server sangat penting, dan pasti akan selalu digunakan oleh programmer.

Ketika praktikum Installasi dimulai, guru memberikan contoh dan memberikan intruksi terlebih dahulu cara installasi berdasarkan bahan ajar minggu ke empat bagian empat ini, tujuannya agar peserta didik dapat terbiasa  menganalis masalah, dan menyelesaikan masalah atau pekerjaan secara terstruktur.  Selanjutnya peserta didik di intruksikan untuk membaca bahan ajar, dan mulai melakukan installasi web server pada komputer local. 

Guru harus mengawasi peserta didik Ketika proses installasi dilakukan, jangan lupa jika terdapat error Ketika proses installsi peserta didik di wajibkan untuk mencatat error tersebut, lalu guru memberikan petunjuk bagaimana cara menanggulai error yang terjadi pada saat proses installasi dilakukan. Dan instruksikan siswa untuk mencatat solusi dari masalah yang telah ditemukan. 

Setelah proses installasi selesai, jangan lupa untuk melakukan test atau pengecekan tsatu persatu erhadap perangkat lunak web server yang telah diinstalkan oleh peserta didik, hal ini untuk mengajarkan kepada siswa tentang Quality Control. Pengecekan dapat meliputi module yang terdapat pada perangkat lunak web server. Diantaranya:

  1. Klik Start pada modul Apache, untuk memastikan apakah Apache dapat bekerja sebagaimana mestinya.Klik Start pada Mysql, untuk memastikan apakah PID dan Ports bekerja sesai dengan fungsinya
  2. Klik Start pada FIlezilla, untuk memastikan apakah PID dan Ports filezilla bekerja sesuai dengan fungsinya.
  3. Klik start pada Mercury, untuk memastikan apakah PID dan Ports Mercury bekerja sesuai dengan fungsinya.
  4. Trakhir klik start Tomcat, untuk memastikan apakah PID dan Ports Tomcat bekerja sesuai dengan fungsinya.

Jika terjadi error, intruksikan peserta didik untuk mencari solusi di internet, agar peserta didik memiliki pemikiran yang inisiatif, dan dapat mencari solusi dari masalahnya sendiri.

Biasanya bapak dan ibu guru menggunakan web server platform apa untuk praktikum peserta didik ? boleh di sharing dengan kami. Dan Jika terdapat kekurangan pada bahan ajar ini, dapat di tambahkan di kolom komentar juga yah

Tidak ada komentar